Jumat, 05 September 2014

RUANG LINGKUP PEMBAHASAN AKHLAQ 2

PERTEMUAN KE 2
Ruang Lingkup PembahasanEtika.
Akhlak ,Etika,Moral.Kesusilaan dan Kesopanan
Ruang lingkup Pembahasan etika :Tentang perbuatan-perbuatan manusia, kemudian apakah perbuatan –perbuatan itu tergolong perbuatan baik atau perbuatan  buruk
Menurut M.Yatimin Abdullah  ruang lingkupnya meliputi (1) Etika menyelidiki sejarah dlm berbagai aliran  ttg tingkah laku manusia.(2). Etika membahas ttg cara-cara menghukum, menilai baik buruk suatu pekerjaan. (3). Etika menyelidiki faktor-faktor penting yg mencetak,memengaruhi dan mendorong lahirnya tingkah laku manusia ,meliputi faktor manusia itu sendiri, fitrahnya, adat kebiasaannya, lingkungannya, kehendak, cita-citanya, suara hatinya, motif yg mendorongnya berbuat dan masalah pendidikan etika.(4). Etika menerangkan mana yang baik dan mana pula yang buruk. Menurut ajaran Islam etika baik itu harus bersumber pada al qur’an dan hadist Nabi Muhammad SAW. (5).Etika mengajarkan cara-cara yang  perlu ditempuh ,juga untuk meningkatkan budi pekerti ke jenjang kemuliaan, misalnya  dengan cara melatih diri untuk mencapai perbaikan bagi kesempurnaan pribadi.(6).Etika menegaskan arti dan tujuan hidup yang sebenarnya, sehingga dapatlah manusia terangsang secara aktif  mengerjakan kebaikan dan menjauhkan segala kelakuan yang buruk dan tercela.
J.H.Muirhead menyebutkan bahwa pokok pembahasan etikan ialah penyelidikan ttg tingkah laku dan sifat manusia
Imam Al Ghazali :ruang lingkup pembahasan etika :meliputi seluruh aspek kehidupan manusia baik sebagai individu maupun sebagai kelompok. Perbuatan manusia dapat dikategorikan dua aspek : (1) Perbuatan yang lahir dengan kehendak dan disengaja (2). Perbuatan yang lahir tanpa kehendak dan tidak disengaja.
Adapun obyek pembahasannya :Obyek pembahasan Ilmu akhlak yaitu: berkaitan dengan norma atau penilaian terhadap suatu perbuatan yg dilakukan oleh sesorang.,ATAU perbuatan manusia yang dilakukan atas kehendak dan kemauan, sebenarnya,mendarah daging dan telah dilakukan secara kontinyu sehingga mentradisi dalam kehidupannya.
NO
Persamaan:ahlak,etika,moral,susila

Perbedaannya

1
-    Menentukan hukum ttg perbuatan manusia utk ditentukan baik atau buruk
-   Menghendaki terciptanya manusia/masyarakat yg baik teratur,aman,damai, tentram lahir & bathin

a.    Akhlaq sumbernya :Al qur’an dan al hadist/universal
b.    Etika sumbernya :akal pikiran/pembahasanya: lebih banyakbersifat teoritis konseptual/umum/relatif,berubah-ubah,dipakai utk pengkajian sistem nilai yang ada.
c.     Moral & susila sumbernya: norma,kebiasaan yg berlaku dimasyarakat./praktis/realitas/lokal individual,dipakai utk perbuatan yg sdg dinilai
d.    Akhlak : Theocentris
e.    Etika.moral,susila:antroposentris,humanis


 AKHLAK DAN ILMU AKHLAK
akhlak adalah suatu istilah agama yang dipakai menilai perbuatan manusia, apakah itu baik, atau buruk. Sedangkan ilmu akhlak adalah suatu ilmu pengetahuan agama Islam yang berguna untuk memberikan petunjuk-petunjuk kepada manusia bagaimana cara berbuat kebaikan dan menghindarkan keburukan.
Etika dan Moral
Etika (ethos) adalah kata yunani yang berarti adat,watak atau kesusilaan. Sedangkan Moral adalah kata Latin yang berarti adat atau cara hidup.Istilah Etika : digunakan untuk mengkaji sistem nilai yang ada, karena itu etika merupakan suatu ilmu.  Istilah Moral : digunakan untuk memberikan kriteria perbuatan yang sedang dinilai. Karena itu Moral bukan suatu ilmu tetapi merupakan suatu perbuatan manusia.
KESUSILAAN DAN KESOPANAN
Kesusilaan berasal dari bahasa sansekerta  yang terdiri dari kata “SU “ yang berarti ;lebih baik. Dan kata SILA yang berarti :prinsip (dasar) atau aturan hidup.
Kesopanan ; berasal dari kata “SOPAN” yang berati : tenang, beradab, baik dan halus (perkataan ataupun perbuatan)

kedua perkataan ini disamakan pengertiaanya dalam bahasa Indonesia untuk mengungkapkan atau menyatakan perbuatan atau perkataan yang baik dan beradab. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar