Rabu, 15 Oktober 2014

PENGERTIAN,SUMBER-SUMBER DAN MANFAAT TASAUF DALAM ISLAM


PERTEMUAN 7 – 8
PENGERTIAN,SUMBER-SUMBER DAN MANFAAT TASAUF DALAM ISLAM
(maaaf ...ringkasan ini untuk membantu para Mahasiswa-ku saja)
Tasawuf dilihat dari sudut teori (konsepsi) yg dikandungnya, Para ahli ilmu Tasawuf  membagi tasawuf pada 3 bagian(Abudin Nata hal.17) :
1.        Tasawuf falsafi (pendekatan rasio,akal pikiran)
2.        Tasawuf akhlaki ((takhalli (mengosong) , tahali (menghiasi) tajalli terbukannya hijab),
3.        Tasawuf amali (pendekatan amaliyah atau wirid)
 Ketiga macam taswuf di atas  tujuannya sama yaitu mendekatkan diri kepada Alllah dngan cara membersihkan diri dari perbuatan yg tercela dan menghias diri dengan perbuatan yang terpuji, dengan demikian dalam proses  pencapaian tujuan bertasawuf seseorang harus terlebih dahulu berakhlak mulia.
Tasawuf dilihat dari lingkup pembahasaanya, Drs.Mahjuddin menulis dlm bukunya “kuliah akhlak Tasawuf, membagi tasawuf dlm 3 macam  (hal 149):
1.        Tasawuf aqidah :membicarakan masalah metafisis(hal hal gaib)
2.        Tasawuf ibadah :membicarakan masalah rahasia ibadah
3.        Tasawuf akhlak : menekankan pembahasan mengenai budi pekerti yg akan mengantarkan manusia mencapai kebahagiaan dunia dan akherat
Tasawuf dilihat dari sudut teori (konsepsi) yg dikandungnya, Para ahli ilmu Tasawuf  membagi tasawuf pada 2 bagian :
1.        Tasawuf sunniy (tasawuf salafy):sistem peribadatan yg dilakukan dan teori yg digunakan sama dengan yg digunakan oleh ulama-ulama salaf.
2.        Tasawuf falsafy : ajarannya sdh dimasuki oleh aliran-aliran filsafat /teori –teori filsafat  misalnya :fislafat ketuhanan,hubungan manusia dgn Tuhan dsbnya.
Ibnu Khaldun :manusia memiliki anggota tubuh(panca Indera),akal pikiran dan hati sanubari.
Ketiganya harus sehat,bersih ,berdaya guna dan harmonis;
Utk itu ada 3 bidang ilmu yg berperan yaitu:
1.        Fiqh:berperan membersihkan dan menyehatkan pancaindera dan anggota tubuh .istilah fiqh TOHAROH (BERSUCI)= berurusan dengan dimensi lahiriah manusia.
2.        filsafat: berperan dlm menggerakan ,menyehatkan dan meluruskan akal fikiran.karena filsafat banyak berurusan dgn dimensi metafisik dari manusia dalam rangka menghasilkan konsep-konsep yg menjelaskan inti ttg sesuatu.
3.        Tasawuf: berperan dlm membersihkan hati sanubari.karenannya tasawuf byk berurusan dgn dimensi batin dari manusia.
Katakanlah: "Dia-lah Yang menciptakan kamu dan menjadikan bagi kamu pendengaran, penglihatan dan hati." (Tetapi) amat sedikit kamu bersyukur.al mulk: 23
Tasawuf berususan dengan penyucian hati sanubari (fu’ad) agar ia tetap jernih, dan dengan jernih ini ia dpt memancarkan akhlak yg mulia. Dan disinilah letaknya hubungan yg substansial antara tasawuf dengan akhlak.
Tasawuf merupakan sarana pelatihan jiwa dan perjuangan melawan watak dgn cara membersihkannya dari akhlak akhlak tercela  dan mengisinya dgn akhlak terpuji misalnya sabar,ikhlas, jujur, dan kebaikan-kebaikan lain yg menghasilkan pujian di dunia dan pahala di aherat .
Tasawuf :mulai dikenal sejak akhir abad kedua Hijriah
Orang yg pertama kali dipanggil sufi ialah : abu hasyim alkufi.
Ibnu Khaldun sebagaimana dikutip oleh prof Dr. Hamka : Tasawuf  semacam ilmu syariat yg timbul kemudian di dalam agama. Asalnya ialah bertekun beribadah dan memutuskan pertalian dgn selain Allah, hanya menghadap Allah semata. Menolak hiasan-hiasan dunia, serta membenci pekerjaan-pekerjaan yg selalu mendaya orang banyak ,kelezatan harta benda dan kemegahan. Dan menyendiri menuju jalan Tuhan dalam khalwat dan ibadat. (hal 2)
Dari segi bahasa terdapat sejumlah kata atau istilah yang dihubung-hubungkan para ahli untuk menjelaskan kata tasawuf. Harun Nasution, misalnya menyebutkan lima istilah yang berkenaan dengan tasawuf, yaitu al-suffah (ahl al-suffah), (orang yang ikut pindah dengan Nabi dari Mekkah ke Madinah), saf (barisan), sufi (suci), sophos (bahasa Yunani: hikmat), dan suf (kain wol).


Kata ahl al-suffah (orang yang ikut pindah dengan Nabi dari Mekkah ke Madinah) misalnya menggambarkan keadaan orang yang rela mencurahkan jiwa raganya, harta benda dan lain sebagainya hanya untuk Allah. Mereka ini rela meninggalkan kampung halamannya, rumah, kekayaan dan harta benda lainnya di Mekkah untuk hijrah bersama Nabi ke Madinah. Tanpa ada unsur iman dan kecintaan pada Allah, tak mungkin mereka melakukan hal yang demikian. Selanjutnya kata saf juga menggambarkan orang yang selalu berada di barisan depan dalam beribadah kepada Allah dan melakukan amal kebajikan. Demikian pula kata sufi (suci) menggambarkan orang yang selalu memelihara dirinya dari berbuat dosa dan maksiat, dan kata suf (kain wol) menggambarkan orang yang hidup sederhana dan tidak mementingkan dunia. Dan kata sophos (bahasa Yunani) menggambarkan keadaan jiwa yang senantiasa cenderung kepada kebenaran.
Al Junaid al Baghdadi: wafat 297 H: tasauf adalah:keluar dari budi,perangai yang tercela dan masuk kepada budi perangai yg terpuji.
Sumber ajaran Tasawuf :1.Islam : Al Maidah 54: mahabah(saling mencintai),
1.Islam : Al Maidah 54: mahabah(saling mencintai),
2. Unsur luar Islam ;a. Neo platonis: -Segala sesuatu berasal dari Tuhan dan akan kembali ke padaNya.
Roh lebih dahulu dari jasad (lihat al a’raf/7:  172)(al junaid, ibn arabi, al hallaj dll).
Dari kpercayaan ini muncul konsep NUR MUHAMMAD atau HAKEKAT MUHAMMAD dlm ajaran tasawuf.
 PARA mutakalimin menolak konsep ini.
3 . Agama masehi: Tuhan tlh bertempat dlm diri manusia (hulul), maksudnya; Nabi Isa adalh “anak Tuhan “ menurut ajaran kristen  (firman).
4 .Hindu/budha: MOKSA- REINKARNASI
Manfaat mempelajari Tasawuf :(abudin nata hal 190):
1.         Bahwa kehidupan yang kekal adalah kehidupan di aherat yang kebahagiaannya amat bergantung kepada selamatnya rohani manusia dari perbuatan dosa.(as syu’ara 89)
2.        Bahwa kebahagiaan hakiki di dunia terletak pada adanya ketenangan batin yang dihasilkan dari kepercayaan dan kataatan pada Tuhan .
3.        Bahwa perjalanan hidup manusia akan sampai pada batas batas dimana harta benda yang banyak lagi mewah ,kendaraan mewah dan mengkilap tidak diperlukan lagi yaitu pada saat usianya sudah lanjut . pada saat ini tidak ada jalan lain kecuali dengan lebih mendekatkan diri pada Tuhan ,tempat ia harus mempertanggungjawabkan  amalnya .
4.        Dalam kehidupan modern yang kompleks saat ini, pengaruh paham sekuler materialisme, hedonisme,vitalisme,utilitarianisme dll, sering menyeret manusia kepada kehidupan yang penuh persiangan,rakus,boros, salin menerkam dll hal tersebut memberi pengaruh negatif terhadap kehidupan manusia , untuk mengatasinya salah satunya Tasawuf dapat memberi kontribusi yang efektif dan murah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar