PERTEMUAN 7 – 8
PENGERTIAN,SUMBER-SUMBER DAN MANFAAT TASAUF DALAM ISLAM
(maaaf ...ringkasan ini untuk membantu para Mahasiswa-ku saja)
Tasawuf
dilihat dari sudut teori (konsepsi) yg dikandungnya, Para ahli ilmu
Tasawuf membagi tasawuf pada 3
bagian(Abudin Nata hal.17) :
1.
Tasawuf
falsafi (pendekatan rasio,akal pikiran)
2.
Tasawuf
akhlaki ((takhalli (mengosong) , tahali (menghiasi) tajalli terbukannya hijab),
3.
Tasawuf
amali (pendekatan amaliyah atau wirid)
Ketiga macam taswuf di atas tujuannya sama yaitu mendekatkan diri kepada
Alllah dngan cara membersihkan diri dari perbuatan yg tercela dan menghias diri
dengan perbuatan yang terpuji, dengan demikian dalam proses pencapaian tujuan bertasawuf seseorang harus
terlebih dahulu berakhlak mulia.
Tasawuf
dilihat dari lingkup pembahasaanya, Drs.Mahjuddin menulis dlm bukunya “kuliah
akhlak Tasawuf, membagi tasawuf dlm 3 macam
(hal 149):
1.
Tasawuf
aqidah :membicarakan masalah metafisis(hal hal gaib)
2.
Tasawuf
ibadah :membicarakan masalah rahasia ibadah
3.
Tasawuf
akhlak : menekankan pembahasan mengenai budi pekerti yg akan mengantarkan
manusia mencapai kebahagiaan dunia dan akherat
Tasawuf
dilihat dari sudut teori (konsepsi) yg dikandungnya, Para ahli ilmu
Tasawuf membagi tasawuf pada 2 bagian :
1.
Tasawuf
sunniy (tasawuf salafy):sistem peribadatan yg dilakukan dan teori yg digunakan
sama dengan yg digunakan oleh ulama-ulama salaf.
2.
Tasawuf
falsafy : ajarannya sdh dimasuki oleh aliran-aliran filsafat /teori –teori
filsafat misalnya :fislafat
ketuhanan,hubungan manusia dgn Tuhan dsbnya.
Ibnu
Khaldun :manusia memiliki anggota tubuh(panca Indera),akal pikiran dan hati
sanubari.
Ketiganya
harus sehat,bersih ,berdaya guna dan harmonis;
Utk
itu ada 3 bidang ilmu yg berperan yaitu:
1.
Fiqh:berperan membersihkan dan menyehatkan pancaindera dan anggota
tubuh .istilah fiqh TOHAROH (BERSUCI)= berurusan dengan dimensi lahiriah
manusia.
2.
filsafat: berperan dlm menggerakan ,menyehatkan dan meluruskan akal
fikiran.karena filsafat banyak berurusan dgn dimensi metafisik dari manusia
dalam rangka menghasilkan konsep-konsep yg menjelaskan inti ttg sesuatu.
3.
Tasawuf: berperan dlm membersihkan hati sanubari.karenannya tasawuf byk
berurusan dgn dimensi batin dari manusia.
Katakanlah:
"Dia-lah Yang menciptakan kamu dan menjadikan bagi kamu pendengaran,
penglihatan dan hati." (Tetapi) amat sedikit kamu bersyukur.al mulk: 23
Tasawuf
berususan dengan penyucian hati sanubari (fu’ad) agar ia tetap jernih, dan
dengan jernih ini ia dpt memancarkan akhlak yg mulia. Dan disinilah letaknya
hubungan yg substansial antara tasawuf dengan akhlak.
Tasawuf
merupakan sarana pelatihan jiwa dan perjuangan melawan watak dgn cara
membersihkannya dari akhlak akhlak tercela
dan mengisinya dgn akhlak terpuji misalnya sabar,ikhlas, jujur, dan
kebaikan-kebaikan lain yg menghasilkan pujian di dunia dan pahala di aherat .
Tasawuf
:mulai dikenal sejak akhir abad kedua Hijriah
Orang
yg pertama kali dipanggil sufi ialah : abu hasyim alkufi.
Ibnu
Khaldun sebagaimana dikutip oleh prof Dr. Hamka : Tasawuf semacam ilmu syariat yg timbul kemudian di
dalam agama. Asalnya ialah bertekun beribadah dan memutuskan
pertalian dgn selain Allah, hanya menghadap Allah semata. Menolak hiasan-hiasan
dunia, serta membenci pekerjaan-pekerjaan yg selalu mendaya orang banyak
,kelezatan harta benda dan kemegahan. Dan menyendiri menuju jalan Tuhan dalam khalwat
dan ibadat. (hal 2)
Dari
segi bahasa terdapat sejumlah kata atau istilah yang dihubung-hubungkan para
ahli untuk menjelaskan kata tasawuf. Harun Nasution, misalnya menyebutkan lima
istilah yang berkenaan dengan tasawuf, yaitu al-suffah (ahl al-suffah), (orang
yang ikut pindah dengan Nabi dari Mekkah ke Madinah), saf (barisan), sufi
(suci), sophos (bahasa Yunani: hikmat), dan suf (kain wol).
Kata
ahl al-suffah (orang yang ikut pindah dengan Nabi dari Mekkah ke Madinah)
misalnya menggambarkan keadaan orang yang rela mencurahkan jiwa raganya, harta
benda dan lain sebagainya hanya untuk Allah. Mereka ini rela meninggalkan
kampung halamannya, rumah, kekayaan dan harta benda lainnya di Mekkah untuk
hijrah bersama Nabi ke Madinah. Tanpa ada unsur iman dan kecintaan pada Allah,
tak mungkin mereka melakukan hal yang demikian. Selanjutnya kata saf juga
menggambarkan orang yang selalu berada di barisan depan dalam beribadah kepada
Allah dan melakukan amal kebajikan. Demikian pula kata sufi (suci) menggambarkan
orang yang selalu memelihara dirinya dari berbuat dosa dan maksiat, dan kata
suf (kain wol) menggambarkan orang yang hidup sederhana dan tidak mementingkan
dunia. Dan kata sophos (bahasa Yunani) menggambarkan keadaan jiwa yang
senantiasa cenderung kepada kebenaran.
Al
Junaid al Baghdadi: wafat 297 H: tasauf adalah:keluar dari budi,perangai yang
tercela dan masuk kepada budi perangai yg terpuji.
Sumber
ajaran Tasawuf :1.Islam : Al Maidah 54: mahabah(saling mencintai),
1.Islam
: Al Maidah 54: mahabah(saling mencintai),
2.
Unsur luar Islam ;a. Neo platonis: -Segala sesuatu berasal dari Tuhan dan akan
kembali ke padaNya.
Roh
lebih dahulu dari jasad (lihat al a’raf/7:
172)(al junaid, ibn arabi, al hallaj dll).
Dari
kpercayaan ini muncul konsep NUR MUHAMMAD atau HAKEKAT MUHAMMAD dlm ajaran
tasawuf.
PARA mutakalimin menolak konsep ini.
3 .
Agama masehi: Tuhan tlh bertempat dlm diri manusia (hulul), maksudnya; Nabi Isa
adalh “anak Tuhan “ menurut ajaran kristen
(firman).
4
.Hindu/budha: MOKSA- REINKARNASI
Manfaat mempelajari Tasawuf :(abudin
nata hal 190):
1.
Bahwa kehidupan yang kekal adalah kehidupan di
aherat yang kebahagiaannya amat bergantung kepada selamatnya rohani manusia
dari perbuatan dosa.(as syu’ara 89)
2.
Bahwa
kebahagiaan hakiki di dunia terletak pada adanya ketenangan batin yang
dihasilkan dari kepercayaan dan kataatan pada Tuhan .
3.
Bahwa
perjalanan hidup manusia akan sampai pada batas batas dimana harta benda yang
banyak lagi mewah ,kendaraan mewah dan mengkilap tidak diperlukan lagi yaitu
pada saat usianya sudah lanjut . pada saat ini tidak ada jalan lain kecuali
dengan lebih mendekatkan diri pada Tuhan ,tempat ia harus
mempertanggungjawabkan amalnya .
4.
Dalam
kehidupan modern yang kompleks saat ini, pengaruh paham sekuler materialisme,
hedonisme,vitalisme,utilitarianisme dll, sering menyeret manusia kepada
kehidupan yang penuh persiangan,rakus,boros, salin menerkam dll hal tersebut
memberi pengaruh negatif terhadap kehidupan manusia , untuk mengatasinya salah
satunya Tasawuf dapat memberi kontribusi yang efektif dan murah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar